Friday, April 15, 2011

ReSeArCh..




bismillahirrahmanirrahim..
ok,kbelakangan ini saya amat giat mengkaji pasal dermatitis contact..
mungkin berminat? mungkin..-_-''
take a look my little research..

Alergi nikel

Deskripsi

Alergi nikel adalah salah satu penyebab paling umum dari alergi kontak dermatitis--gatal ruam yang muncul saat kulit normal bersentuhan dengan zat berbahaya.

Umumnya alergi nikel berkaitan dengan anting-anting dan perhiasan untuk tindikan tubuh lainnya. Tapi nikel juga ditemukan di berbagai peralatan sehari-hari--dari koin untuk kalung gesper hingga
bingkai kacamata. Alergi nikel dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Seseorang dapat mengalami alergi nikel setelah satu bersentuhan dengan nikel abaik secara berulang atau dalam jangka waktu lama.

Gejala

Reaksi alergi seperti kes kesalahan identifikasi yang dilakukan sistem kekebalan tubuh. Biasanya, sistem kekebalan tubuh bereaksi untuk melindungi tubuh terhadap bakteri, virus atau zat-zat beracun. Pada penderita alergi, nikel diidentifikasi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai zat yang membahayakan. Setelah tubuh bereaksi terhadap agen tertentu (alergen) - dalam hal ini, nikel - sistem kekebalan akan selalu peka terhadap hal itu. Ketika anda kontak dengan nikel, sistem kekebalan tubuh merespon dan menghasilkan respons peradangan.

Simpton


- Benjolan pada kulit

- Gatal, yang mungkin berat nanang sampai dah x larat nak garu..

- Kemerahan atau perubahan warna kulit sehingga menjadi putih kemerahan(humaira)

- Kering bercak kulit yang dapat menyerupai luka bakar

- Lepuh dan pengeringan cairan dalam kasus yang berat



Perawatan

Tidak ada ubat untuk alergi nikel. Setelah tubuh begitu peka terhadap nikel, akan timbul ruam (kontak dermatitis) setiap kali anda kontak dengan logam. Sekali reaksi alergi terhadap nikel eksposur telah dimulai, kemungkinan besar akan berlanjut selama dua hingga empat minggu. Obat yang dapat membantu penderita mengatasi gejala antara lain: Krim kortikosteroid, Oral kortikosteroid, atau Antihistamin oral.

Sumber: mayoclinic.

di bawah ni adalah satu kes dimana pesakit mengadu di laman web klikdoktor..

soalan:

saya sudah sering berjumpa ramai doktor kulit.tapi alergi kulit saya belum sembuh juga, kata mereka saya alergi besi.bahkan sekarang di area jam tangan sangat parah, padahal saya tidak lagi memakai jam tngan.banyak benjolan yang berisi cairan dan sangat gatal, selain itu menjijikkan. bagaimana ini doc??ubat apa yang harus saya pakai lagi??sebelumnya saya sudah memakai krim doktor(ex:dexamethason). Saya sudah bingung mahu berubat kemana(perempuan, 15 thn,160 cm,45 Kg)
*letih ditranslate oleh saya..dari BI(bahasa indon) ke BM x barape nak standard..


Jawapan:

Adik/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdoktor. Kami dapat memahami perasaan anda saat ini. Tentunya keluhan ini telah membuat anda merasa tidak nyaman. Akan tetapi anda memang harus melakukan usaha sedaya upaya anda untuk menghindari bahan-bahan yang telah diketahui sebagai penyebab/pencetus keluhan alergi anda (alergen), dalam hal ini adalah besi.

Bahan besi sebenarnya bukanlah penyebab utama alergi anda, melainkan zat yang terkandung di dalamnya iaitu nikel. Namun oleh kerana banyaknya peralatan besi yang mengandung nikel (terutama pada peralatan rumah tangga), maka anda harus mulai menghindari sentuhan langsung dengan bahan-bahan tersebut, misalnya dengan melapisi peralatan besi dengan plastik, atau menggantinya dengan peralatan yang terbuat dari bahan stainless steel yang tidak dilapisi dengan nikel. 

Selain itu, pada beberapa orang keluhan masih dapat timbul tanpa sentuhan langsung akibat nikel yang terdapat dalam makanan, terutama makanan kaleng* xtau nak translate ape.., coklat, dan makanan yang dikeringkan. Oleh sebab itu, anda juga harus mulai mengambil berat akan makanan yang anda makan (yang rendah nikel), di antaranya adalah daging, ikan, susu dan turunannya, telur, cereal, roti, nasi, gandum, banyak buah dan sayuran, teh, kopi, etc. Adapun jenis bahan makanan yang harus dihindari adalah makanan kaleng, kacang-kacangan, brokoli, cokelat, buah yang dikeringkan, dsb. Memang penerapannya tidak akan mudah, akan tetapi penghindaran alergen merupakan terapi terbaik yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengurangi keluhan akibat alergi.

Dan untuk meredakan keluhan akut
*apakah yang ada, dapat dibantu dengan pemberian steroid topikal. ubat yang diberikan oleh doktor anda merupakan salah satunya, namun nampaknya potensi steroidnya harus ditingkatkan menjadi potensi sedang hingga tinggi, atau dapat dikombinasikan dengan pemberian steroid sistemik. Selain itu, dapat juga diberikan kompres antiseptik untuk mengeringkan lepuhnya, pelembab untuk mengurangi gatal dan kulit kering, antibiotik apabila ditemukan infeksi sekunder, dan obat lain sesuai indikasi yang ditemukan. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis kulit dan kelamin Anda sebelumnya atau dokter spesialis kulit dan kelamin lain untuk opini kedua.

saya begitu berminat untuk mengetahuinya..
sbb saya salah seorang penghidapnya penyakit ni..-_-" sejak form 1..
penyakit? just an allergy la..
btw,kpd sesiapa yg mengalami alahan kpd logam,besi,nikel or whatever,sila rujuk doktor untuk mngetahui dengan lebih lanjut..^_^

p/s: saya harus beli spek baru yang plastik lepas ni..

No comments: